Cara Membuat Website

cara-membuat-websiteWebsite atau situs web merupakan salah satu jenis media online yang sekarang ini tergolong sangat dominan. Untuk membuat website sendiri tidaklah begitu sulit, tergantung spesifikasi website yang ingin Anda buat.

Seperti diketahui, membuat situs web dapat ditempuh melalui sejumlah opsi. Jika Anda notabene seorang pemula yang belum banyak tahu perihal coding, HTML, atau Javascript, Anda bisa memilih opsi yang paling mudah, seperti menggunakan CMS.

Sementara itu, bagi Anda yang mungkin masih bingung terkait perbedaan website dan blog, pada dasarnya semua yang Anda lihat di internet merupakan wujud website. Hanya saja website memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki klasifikasi masing-masing sesuai dengan fungsinya.

Beberapa jenis website yang cukup populer adalah blog, social media dan toko online. Artinya, blog adalah salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai penampung informasi dalam bentuk artikel, makanya pada umumnya tampilan artikel blog biasanya diurutkan berdasarkan tanggal postingan paling baru.

Website lainnya yang memiliki fungsi seperti sebuah toko adalah website toko online, dimana Anda dapat memajang foto produk, harga, deskripsi barang, hingga cara pembelian. Jenis website lain yang juga sangat populer adalah website social media, seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dll.

Pada dasarnya ada beberapa cara untuk membuat website, dan saya membaginya menjadi 4 kategori, yaitu:

1. Website Instant

Cara membuat website yang pertama adalah dengan memilih opsi yang paling cepat, gratis, dan sangat mudah. Contohnya adalah membuat website menggunakan blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dll.

Meski mudah dan gratis, opsi ini memiliki kelemahan mencakup banyak aspek. Anda hanya bisa membuat website apa adanya sesuai yang sudah disediakan oleh penyedia layanan (pemilik platform).

2. CMS (Content Management System)

Cara membuat website berikutnya adalah dengan menggunakan CMS, seperti CMS WordPress (WordPress.org). Opsi ini memiliki sejumlah kelebihan dimana proses pembuatannya relatif cepat, namun memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibandingkan cara yang pertama.

Anda hanya perlu menginstall CMS yang ingin Anda gunakan, misalkan CMS WordPress. Kemudian, Anda dapat melakukan berbagai perubahan sehingga website yang Anda buat menggunakan CMS tersebut nantinya menjadi terlihat sangat profesional dan powerful, serta memiliki fungsi tertentu sesuai dengan yang Anda inginkan.

Adapun untuk membuat website menggunakan CMS Anda harus menyiapkan nama domain dan hosting sendiri. Untuk memiliki nama domain level atas atau domain TLD Anda bisa membelinya pada domain registrar. Bergantung pada ekstensi domain yang ingin Anda gunakan, harga domain TLD berbeda satu sama lain.

Layanan web hosting juga dapat Anda beli pada perusahaan penyedia layanan web hosting. Beberapa perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia diantaranya adalah Ardetamedia, Niagahoster, dan Jogjahost. Biaya sewa web hosting yang harus Anda persiapkan berkisar 200-an ribu per tahun, tergantung paket hosting yang Anda pilih.

3. Framework

Opsi yang satu ini mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan web programming. Jadi, jika Anda belum memiliki pengetahuan yang cukup perihal web programming, maka Anda dapat memilih opsi #1 atau #2.

4. Web Programming

Jika Anda sudah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya Anda bisa membuat semua jenis website. Apabila Anda tertarik untuk membuat website menggunakan opsi ini, maka minimal Anda harus menguasai HTML, PHP dan MySQL.

Pada postingan ini saya akan memberikan panduan cara membuat website sendiri menggunakan opsi #2, yakni membuat website menggunakan CMS. CMS yang saya pilih adalah WordPress dimana CMS ini merupakan CMS terbaik dan yang paling banyak digunakan.

Silakan simak langkah-langkah membuat website menggunakan CMS WordPress seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Membuat Website Dengan WordPress

Tahap I

Persiapan

Untuk dapat membuat website menggunakan WordPress, ada dua modal pokok yang wajib Anda persiapkan, yakni nama domain dan web hosting.

Disini saya asumsikan Anda belum memiliki nama domain dan web hosting, jadi silakan beli nama domain dan menyewa layanan web hosting terlebih dulu.

Rekomendasi saya adalah Ardetamedia, Niagahoster, atau Jogjahost, karena ketiganya merupakan perusahaan web hosting lokal paling bereputasi. Selain itu, jika Anda menyewa layanan web hosting di perusahaan tersebut Anda juga tidak perlu membeli nama domain, karena paket hosting sudah termasuk gratis 1 nama domain. Jadi, Anda bisa sedikit berhemat.

Tahap II (Terakhir)

Instalasi CMS

Pada tahapan ini saya anggap Anda sudah memiliki layanan web hosting beserta nama domain. Langkah selanjutnya adalah memulai proses instalasi CMS WordPress langsung dari cPanel layanan web hosting yang Anda gunakan.

Instalasi CMS WordPress maksudnya adalah menginstall CMS tersebut pada domain Anda sehingga nantinya menjadi website. Simak langkah-langkah instalasi CMS WordPress lewat cPanel hosting seperti dijelaskan berikut ini.

Cara Install WordPress Lewat cPanel

Silakan login ke cPanel menggunakan akun hosting Anda (detail info login dapat Anda cek pada email yang dikirimkan perusahaan tempat Anda membeli layanan hosting)

cara-login-cpanel

Masukkan username & password akun hosting Anda kemudian klik tombol Log in.

cara install wordpress

Jika sudah berada di cPanel, silakan geser halaman kebawah hingga Anda menemukan menu script WordPress. Silakan klik icon WordPress.

cara install wordpress

Halaman yang akan muncul berikutnya seperti gambar diatas, selanjutnya silakan klik tombol Install.

cara install wordpress

Pada halaman berikutnya, isilah masing-masing bidang sesuai dengan instruksi pada gambar diatas.

Jika sudah Anda isi, geser halaman ke bawah lalu klik tombol Install. Proses instalasi CMS WordPress akan berjalan selama sekitar 30 detik.

cara install wordpress

Berikutnya akan muncul keterangan instalasi WordPress sudah selesai dilakukan seperti gambar diatas. Artinya, website berbasis WordPress Anda sudah selesai dibuat.

Jika Anda ingin melihat seperti apa tampilan awal website Anda, silakan ketikkan domain Anda di web browser.

Selanjutnya Anda bisa masuk ke dashboard WordPress untuk mulai mengelola website Anda.

Demikian, panduan membuat website menggunakan WordPress, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *